Monday, November 4, 2019

10 Rahasia cara menabung bagi mahasiswa

Nama : Radika Intan Berliana
Npm : 1741010068
Kelas : Kpi B


1. Menentukan Tujuan dan Target
Dengan menetapkan tujuan untuk apa uang yang terkumpul dari menabung ini akan memberikan semangat dalam mengumpulkan rupiah demi rupiah uang.
.

2. Mengatur Rencana Keuangan Bulanan Secara Cermat

Dengan berpedoman pada rencana anggara keuangan bulanan mahasiswa ini maka tentunya proses menabung akan lebih bisa tersistematis dan lebih nyata untuk bisa dilakukan dan dicapai targetnya. Jadi, mengatur rencana keuangan bulanan secara cermat juga merupakan bagian dari cara menabung anak kost mahasiswa yang sangat perlu diperhatikan.

3. Mengumpulkan Koin demi Koin
kumpulkan koin-koin recehan hasil kembalian dari membeli apapun ke dalam wadah tertentu misalnya di wadah bekas air meneral, di stoples, dan wadah-wadah lainnya. Bila sudah terkumpul banyak maka uang recehan ini bisa digunakan untuk menambah jumlah tabungan atau bisa juga digunakan untuk hal-hal darurat lainnya.

4. Membuka Rekening Khusus
Di kampus-kampus perguruan tinggi memiliki kantor-kantor cabang perwakilan berbagai macam bank. Seorang mahasiswa bisa memilih di bank mana dia akan menabungkan uangnya. Jadi seorang mahasiswa bis memiliki lebih dari satu rekening baik itu di satu bank atau di berbagai macam bank. Dengan membuka rekening khusus untuk menabung maka kita akan terhindar untuk tergoda membelanjakan uang tersebut.

5. Menghemat Pengeluaran Uang
Tujuan dari menekan dan menghemat pengeluaran uang ini adalah supaya lebih banyak lagi uang yang bisa ditabungkan. Jadi melakukan penghematan uang di sini tidak hanya serta-merta karena kikir dan pelit, namun penghematan uang disini dilakukan secara sadar sebagai strategi logis yang bisa dipertanggungjawabkan dengan tujuan untuk mencapai tujuan besar yang telah ditetapkan.

6. Jangan Terlalu Kejam
Juga perlu diperhatikan dalam melakukan pelaksanaan cara menabung mahasiswa adalah dengan tidak terlalu kejam dengan diri sendiri. Intinya jangan sampai menyiksa diri sendiri misalnya sampai kelaparan gara-gara uangnya ditabung semua. Jangan sampai gara-gara uangnya ditabung jadinya asupan gizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh menjadi terbengkelai.

7. Menambah Pemasukan Uang Dengan Kerja Sampingan Paruh Waktu
Salah satu tambahan sumber aliran pemasukan uang yang bisa dilakukan adalah dengan kerja part time atau kerja paruh waktu. Tentunya yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kerja paruh waktu ini mengganggu proses jalannya kegiatan akademis perkuliahan di perguruan tinggi.

8. Menambah Pemasukan Uang Dengan Bisnis Sampingan
Cara lain yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah aliran pemasukan uang adalah dengan berbisnis sampingan. berbisnis sampingan bagi mahasiswa ini tentunya akan semakin menambah dan mengasah keterampilan mereka dalam hal pengelolaan finansial.

9. Berhati-hati dengan Kartu Kredit
Bila seorang mahasiswa memiliki kartu kredit maka perlu berhati-hati dalam penggunannya. Cobalah untuk berpikir masak-masak sebelum menggesekkan kartu tersebut, sebab ada beban tanggungan tersendiri setelah dilakukan penggesekan. Setelah terjadi penggesekan kartu kredit itu artinya kita telah memiliki hutang yang wajib dibayar. Jangan sampai uang tabungan yang telah kita kumpulkan secara penuh perjuangan menjadi musnah begitu saja karena ikut digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit yang apalagi lewat jasa debt collector yang terus mengejar tanpa kenal ampun.

10. Menjalani Hidup Layaknya Seorang Mahasiswa
Maksudnya adalah menerapkan gaya hidup seperti sebenar-benarnya mahasiswa. Jangan sampai misalnya bergaya hidup mewah layaknya kalangan tertentu yang dengan begitu mudahnya menghambur-hamburkan uang secara tak terkendali. Ingat bahwa seorang mahasiswa ada batasan-batasan tertentu dalam aliran pemasukan uang karena waktu dan tenaganya banyak terfokus oleh kegiatan akademik.

No comments:

Post a Comment